img_head
SAMBUTAN KETUA PENGADILAN NEGERI RANGKASBITUNG

Sambutan Ketua Pengadilan Negeri Rangkasbitung

Telah dibaca : 986 Kali

M. Pandji Santoso, SH.,MH.Gerakan reformasi birokrasi di lingkungan Pengadilan Negeri Rangkasbitung terus menerus digelorakan seiring tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan institusi peradilan. Tuntutan masyarakat yang demikian kuat menjadi pemacu bagi institusi Pengadilan Negeri Rangkasbitung untuk melakukan perubahan, mengingat pengadilan sebagai lembaga yudikatif yang selama ini mendapat sorotan tajam mengenai kualitas pelayanan bagi pencari keadilan, menjawab tuntutan itu dengan memulai gerakan perubahan dan reformasi diri menuju peradilan yang agung sebagai visinya.

Berbagai kebijakan dan program unggulan telah dicanangkan oleh Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Badan Peradilan umum Nomor 1639/DJU/SK/OT.01.1/9/2015 tahun 2015, dan salah satunya adalah Program Akreditasi Penjaminan Mutu ( APM ). Program APM tersebut merupakan jawaban konkret atas pandangan negatif terhadap kinerja peradilan umum, dan merupakan salah satu bentuk model pengawasan baru yang inovatif, terstruktur, sistemik dan berkelanjutan. Program ini inovatif dan orisinal karena dikembangkan secara bersama oleh seluruh komponen satuan kerja. Terstruktur karena organisasi penjaminan mutu telah dibentuk hingga di tingkat bawah, khususnya di Pengadilan Negeri Rangkasbitung. Sistemik dalam arti seluruh komponen di lingkungan Pengadilan Negeri Rangkasbitung dituntut untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam mewujudkan performa badan peradilan yang unggul ( prima / Indonesia Court Performance Excellence / ICPE ). Berkelanjutan dalam arti seluruh capaian yang telah dilakukan dan diraih Pengadilan Negeri Rangkasbitung akan dievaluasi secara berkala, sehingga akreditasi yang sudah berhasil didapat harus senantiasa dipelihara dan dipertahankan.

Pada tanggal 19 Desember 2016 Pengadilan Negeri Rangkasbitung telah terakreditasi dengan capaian akreditasi “ B “. Capaian ini adalah sesuatu yang menggembirakan dan membanggakan, karena dalam waktu yang tidak lama dengan adanya program APM telah terjadi perubahan luar biasa, baik dari sisi performa, kinerja, sistem manajemen, dan pelayanan publik. Pencapaian ini hendaknya tidak disikapi berlebihan, mengingat masih ada kewajiban pada seluruh komponen Pengadilan Negeri Rangkasbitung untuk senantiasa mempertahankan, bahkan harus terus meningkatkan prestasi ( akreditasi ) yang telah diraihnya. Disadari bahwa untuk meraih prestasi akreditasi yang bagus tersebut bukanlah sesuatu yang mudahdan tanpa tantangan. Diperlukan kepemimpinan yang kuat dalam menanamkam motivasi tinggi kepada seluruh komponen yang ada di pengadilan untuk terus bekerja keras, bekerja ikhlas, bekerja cerdas, bekerja mawas, dan bekerja tuntas.

Setidaknya terdapat beberapa hal yang terus ditingkatkan pembenahan di lingkungan Pengadilan Negeri Rangkasbitung dalam pelayanan publiknya, yaitu peningkatan kepemimpinan ( bagi Pimpinan, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Staf dan Tenaga Honorer ),  sarana dan prasarana, jadwal dan layanan sidang, layanan informasi di pengadilan, pelayanan yang lebih sederhana, murah biaya serta bermanfaat, dan pemberantasan pungutan liar. Pembenahan tersebut sebagai bentuk jawaban dan langkah nyata untuk membenahi kinerja pelayanan publik oleh lembaga peradilan dalam rangka APM. Pembenahan – pembenahan yang dilakukan merupakan salah satu proses untuk mendukung upaya memenangkan kembali kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan.

Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan layanan prima telah menjadi keniscayaan, dan mengubah perilaku aparat pengadilan dalam menjalankan tugas, khususnya dalam hal pelayanan di Pengadilan Negeri Rangkasbitung. Segala kemudahan dan keterbukaan bagi masyarakat dalam akses terhadap keadilan harus benar – benar disuguhkan di pengadilan.

Kiranya, dengan peningkatan kredibilitas dan transparansi di Pengadilan Negeri Rangkasbitung akan mendorong peradilan di Indonesia menjadi peradilan yang bermartabat, mulia dan agung, dengan terus mempertahankan dan melanjutkan kualitas kinerja secara berkesinambungan.

 

Rangkasbitung, 3 Januari 2017

KETUA PENGADILAN NEGERI RANGKASBITUNG

                      TTD

MOEHAMMAD PANDJI SANTOSO, S.H., M.H.