Pengadilan Negeri
Pukul : 10:26:48 , Selamat Pagi !!

img_head
SEJARAH SINGKAT PENGADILAN NEGERI RANGKASBITUNG

Sejarah Singkat Pengadilan Negeri Rangkasbitung

Telah dibaca : 263 Kali

SEJARAH PENGADILAN NEGERI RANGKASBITUNG

Gedung Lama

Apabila dilihat gambar Kantor Perwakilan Pengadilan Negeri Rangkasbitung yang terletak di Alun-Alun Timur Nomor 6 Rangkasbitung maka kita akan menebak bahwa gedung perwakilan Pengadilan Negeri Rangkasbitung merupakan bangunan lama dan diperkirakan berdiri pada zaman Hindia Belanda. Gedung Pengadilan Negeri Rangkasbitung yang terletak di Alun-Alun Timur Nomor 6 Rangkasbitung memiliki luas tanah 1330 m2 dengan luas bangunan 546 m2 yang saat ini diusulkan menjadi benda cagar budaya oleh Pemerintah Kabupaten Lebak.

Tidak banyak catatan yang dapat menunjukan secara pasti kapan dibangun gedung yang sekarang menjadi ruang arsip Pengadilan Negeri Rangkasbitung, namun berdasarkan tiang informasi benda cagar budaya yang dipasang oleh Pemerintah Kabupaten Lebak maka diperkirakan bahwa bangunan Pengadilan Negeri Rangkasbitung yang terletak di Alun-Alun Timur Nomor 6 Rangkasbitung sudah dibangun dan berdiri pada Tahun 1923.  

Pengadilan Negeri Rangkasbitung berdiri pada Tahun 1923 namun saat ini belum ditemukan arsip-arsip perkara pada masa itu. Arsip perkara yang masih tersimpan secara rapi dan paling lama adalah arsip perkara perdata Tahun 1955. Pada masa itu Pengadilan Negeri Rangkasbitung masih masuk dalam daerah hukum Pengadilan Tinggi Jakarta, barulah pada Tahun 1969 Pengadilan Negeri Rangkasbitung masuk dalam daerah hukum Pengadilan Tinggi Bandung setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1969 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi di Bandung dan Perubahan Daerah Hukum Pengadilan Tinggi di Jakarta.

Secara operasional gedung Pengadilan Negeri Rangkasbitung yang terletak di Alun-Alun Timur Nomor 6 Rangkasbitung berfungsi hingga Tahun 1975. Pada Tahun 1975 lokasi Kantor Pengadilan Negeri Rangkasbitung pindah ke Jalan R.A. Kartini No. 55 Kota Rangkasbitung dengan status tanah bersertifikat HP 2 Nomor 81/1981 seluas 3.280 m2  dengan luas bangunan 1.993 m2.

Pada Tahun 2004 disahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2004 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi Banten, dengan demikian Pengadilan Negeri Rangkasbitung masuk dalam Daerah Hukum Pengadilan Tinggi Banten. Dengan rentang waktu Tahun 1955 sampai dengan Tahun 2004, Pengadilan Negeri Rangkasbitung telah berganti daerah hukum sebanyak 3 (tiga) kali dan selama itu Pengadilan Negeri Rangkasbitung terus berusaha memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan. Capaian keberhasilan yang telah diraih oleh Pengadilan Negeri Rangkasbitung adalah dalam bidang Akreditasi Penjaminan Mutu yang diselenggarakan oleh Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan mendapat nilai “A Excelent” dan hingga saat ini masih terus dipertahankan.