Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility
Pengadilan Negeri
Pukul : 11:40:21 , Selamat Pagi !!

img_head
BERITA

Pertemuan Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Banten di BADUY

Jul25

Konten : berita lain-lain
Telah dibaca : 4.769 Kali


Pada hari Jum'at tanggal 22 Juli 2016, Dharmayukti Karini Provinsi Banten mengadakan Pertemuan Daerah sekaligus Karyawisata ke daerah suku Baduy  di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten yang termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Rangkasbitung.

Sebelum berangkat ke tujuan, seluruh rombongan yang berasal dari Dharmyukti Karini Cabang Pandeglang, Serang, Tangerang dan Rangkasbitung serta Dharmayukti Karini Daerah Banten berkumpul di PN Rangkasbitung sekitar pukul 7.00 Wib untuk melakukan persiapan.

Sekitar pukul 08.00 Wib rombongan yang dipimpin oleh Pelindung Dharmayukti Karini Cabang Rangkasbitung Bapak Sudira, SH.,MH. serta didampingi oleh Ibu Ani Wiyarni, SH., selaku ketua Dharmayukti Karini Cabang Rangkasbitung berangkat menuju Baduy.

Setelah menempuh sekitar 2 jam perjalanan rombongan tiba di terminal Ciboleger yang merupakan pintu masuk ke suku Baduy, rombongan di sambut oleh Kepala Desa Kanekes dan jajarannya yang sudah siap menanti serta diiringi dengan kesenian khas baduy yaitu angklung yang dimainkan oleh beberapa orang suku baduy luar yang mempunyai ciri khas berpakaian warna hitam-hitam dengan ikat kepala.

Setelah berhenti sejenak dan berfoto-foto di depan tugu baduy, selanjutnya rombongan berjalan kaki sambil diiringi irama angklung ke arah bukit sekitar 400m menuju ke rumah kepala Desa Kanekes atau Jaro istilah masyarakat Baduy.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Pelindung Dharmayukti Karini Daerah Banten yaitu Bapak H. Abdul Kadir, S.H., M.H., Pelindung Dharmayukti Karini Cabang Rangkasbitung, dan Jaro yang diwakili oleh mantan Jaro Dainah.

Dalam sambutannya Jaro Dainah menjelaskan secara rinci keadaan masyarakat baduy saat ini seperti mata pencaharian, budaya dan adat istiadat. Jaro berharap agar pemerintah memberikan bantuan lahan khusus yang dapat digarap oleh masyarakat baduy untuk mata pencaharian mereka yang secara umum bertani.

Usai acara penyerahan bantuan sembako kepada Jaro, rombongan berjalan kaki lagi ke rumah-rumah warga yang ada di sekitar baduy luar sambil menikmati suasana alam bukit yang indah dan sejuk. (Tatang).

 

  • Galeri